Kesempatan vs Kesulitan


Dalam hidup ini, kita di berikan pilihan juga kesempatan. Namun, jika kita tak mau membuka mata dan hati kita untuk melihat dan mengerti akan kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita, maka kesempatan itu akan hilang begitu saja. Dan jikalau kesempatan itu sampai hilang, maka hanya akan ada sebuah kata yaitu "Penyesalan".

Mungkin kita akan mengatakan :
"Seandainya waktu itu aku tak menyia-nyiakan kesempatan itu, mungkin...."
Penyesalan memang selalu datang belakangan. Seandainya pun waktu dapat diputar kembali, maka kita pun akan berharap kesempatan yang telah hilang akan kembali lagi. Dan kita akan menjalankan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Itu seandainya waktu bisa kembali, tapi sayangnya tidak kawan.

Ketika kita mendapatkan kesempatan itu, kita tak lepas dari kesulitan. Hambatan-hambatan yang menghalangi kita saat kita mendapatkan kesempatan. Yang membuat kita kadang ingin menyerah, lengah dan ingin mengakhiri saja. Tapi karena kita selalu berfikir "Kesempatan tak Datang Dua Kali". Ini adalah kesempatan untukku, belum tentu kesempatan ini aku dapat hari esok. Kita tak peduli akan kesulitan dan hambatannya, yang kita tahu ini adalah kesempatan, dan kesempatan tak akan datang dua kali.

Sebaliknya,...ketika kita dalam kesulitan hidup, sebenarnya kita mempunyai kesempatan. Ketika cobaan datang, membuat kita rapuh, tak semangat, bahkan sampai jatuh. Sebenarnya kita punya kesempatan, kesempatan untuk berbenah, dan untuk bangkit. Disaat sulit, selalu ada kesempatan untuk memperbaiki keadaan. Disaat sedih, selalu ada kesempatan untuk meraih kembali kebahagiaan.

Di saat jatuh selalu ada kesempatan untuk bangkit kembali,dan dalam kondisi terburuk pun selalu ada kesempatan untuk meraih kembali yang terbaik untuk hidup kita. Bila kita setia pada perkara yang kecil maka kita akan mendapat perkara yang besar. Bila kita menghargai kesempatan yang kecil, maka ia akan menjadi kesempatan yang besar.

Jadi, apa perbedaaan antara hambatan dan kesempatan? Perbedaannya terletak pada sikap kita dalam memandangnya. Selalu ada kesulitan di kala setiap kesempatan dan selalu ada kesempatan dalam setiap kesulitan.

"Hargai Setiap Detil Kesempatan dalam Hidup Kita"

Sumber: http://inamuth2.blogspot.com/

Read More..

Go Green Indonesia!!!...


Sering kita mengeluh akan panasnya cuaca hari ini. Perubahan iklim /cuaca yang semakin ekstrim ini terjadi akibat adanya pemanasan global (global warming). Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Bicara masalah pemanasan global, kita pasti akan terbayang gambaran-gambaran negatif akibat global warming.

Pernahkah Anda mendengar ungkapan : “Bumi ini memiliki musuh yang luar biasa hebatnya, yaitu manusia”. Memang benar adanya manusia adalah musuh bumi setelah kita lihat dengan seksama gaya hidup manusia beserta dampak yang ditimbulkan dari ulah tersebut.

Bukankah bumi ini merupakan titipan dari anak cucu kita? Titipan yang seharusnya dijaga kelestariannya, bukan malah merusak dan menghancurkannya. Maukah kita disebut sebagai musuh terbesar bumi? Tentunya tidak. Marilah bersama-sama berpartisipasi dan berusaha keras untuk menjaga bumi ini dai kehancuran sebagai wujud tanggung jawab kita akan Tuhan beserta generasi penerus kita.

Stop Global Warming, Go Green Indonesia. Go Green Indonesia adalah upaya kita dalam menciptakan negeri yang hijau yang bertujuan melestarikan dan menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi semua makhluk.
Tiga hal pokok yang menjadi dasar dalam gerakan “Go Green Indonesia” adalah :
1. Reduce
Reduce adalah upaya penghematan dan selektif dalam pemanfaatan sumber daya energi.
2. Reuse
Reuse adalah upaya pemanfaatan kembali sumber energi / pemanfaatan kembali peralatan-peralatan yang masih layak digunakan.
3. Recycle
Recycle adalah upaya daur ulang limbah. Mengubah barang bekas menjadi produk lain yang berguna bagi masyarakat dan lingkungan.

Setelah memahami 3 hal pokok yang menjadi dasar gerakan Go Green Indonesia selanjutnya kita harus menerapkannya di dalam kehidupan kita. Kita dapat memulainya dari diri sendiri dan dari lingkungan rumah.
Caranya :

1. Buanglah sampah pada tempatnya. Pisahkan antara sampah organic dan un-organic.
2. Daur ulang sampah.
3. Mengurangi pemakaian kantong plastik atau benda apapun yg sulit untuk mengurai.
4. Menjadi vegetarian.
5. Kurangi menggunakan kendaraan pribadi karena dapat menambah polusi udara.
6. Hemat energi listrik, air dan BBM.
7. Gunakan lampu hemat energi.
8. Mengurangi kebiasaan merokok. Akan lebih baik jika menghentikan kebiasaan ini.
9. Tanamlah pohon disekitar rumah.
10. Melakukan reboisasi atau apapun yang bisa menambah pohon di bumi.

Hijaukan bumi dengan tangan kita. Menanam pohon di sekeliling lingkungan kita. Satu pohon dapat mengurangi satu ton CO2. Coba bayangkan jika kita menanam ribuan pohon. Kita akan melihat Indonesia yang hijau, sejuk dan nyaman dipandang mata.

Dengan memulai membiasakan Go Green di rumah, kita akan terbiasa pula melakukannya di sekolah, kampus dan kantor. Dengan gerakan Go Green, suatu saat kelak kita akan berteriak kepada anak cucu kita dan berucap “Kuberikan warisan terbaik dan termahal yang pernah ada, yaitu bumi yang hijau dan lestari". Bertindaklah sebelum terlambat.


Sumber: http://himakomunssolo.blogspot.com/

Read More..

Kisah Seekor Cicak


Seringkali kita merasa khawatir akan masa depan, tanpa sedikitpun mengambil upaya untuk masa depan. Kita hanya menunggu keadaan itu membaik, tanpa kita melakukan upaya apapun. Kenapa kita harus menunggu?? Lihatlah cicak!!...

Cicak?? Kenapa harus cicak??
Kita semua tahu bukan, makanan cicak adalah nyamuk. Coba bayangkan, cicak binatang yang merayap di dinding, ia tak memiliki sayap untuk terbang. Sedangkan nyamuk, binatang yang sangat kecil yang bisa terbang. Lalu, bagaimana cicak menangkap nyamuk??

Tuhan telah menjamin rezeki setiap makhluknya. Begitu pula dengan cicak, Tuhan telah melengkapi cicak dengan kemampuan khusus untuk menangkap nyamuk. Demikian pula dengan manusia, Tuhan telah menganugerahkan beberapa potensi dalam diri kita seperti akal, tangan, kaki, mulut, dll agar kita bisa menjemput rezeki kita dengan menggunakan potensi yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Bayangkan jika cicak itu berdiam diri. Ia akan mati kelaparan. Lain halnya jika cicak itu berpikir dan berusaha bagaimana caranya menangkap nyamuk. Begitu juga dengan manusia. Tuhan tidak akan merubah nasib kita, kalau kita tidak mau merubahnya sendiri. Kita harus menggunakan potensi yang kita miliki untuk mendapatkan apa yang kita mau.

Kekhawatiran tidak akan merubah keadaan menjadi bertambah baik, melainkan bertambah buruk. Jangan hanya berdiam diri, menunggu keadaan membaik. Hilangkan kekhawatiran dan percayalah Tuhan bersama kita.

Sumber: http://inamuth2.blogspot.com/

Read More..

Lirik Flow - Sign


lirik : sign by flow
I realize the screaming pain
Hearing loud in my brain
But I'm going straight ahead, with the scar
(Can you hear me So am I)

Wasurete shimaeba ii yo kanjinakunacchaeba ii
Surimuita kokoro ni futa o shitanda
Kizutsuitatte heikidayo mou itami wa nai kara ne
Sono ashi o hikizuri nagara mo
Miushinatta
Jibun jishin ga
Oto o tatete
Kuzureteitta
Kizukeba kaze no oto dake ga
Tsutaeni kitayo kizuato tadotte
Sekai ni oshitsubusarete shimau mae ni
Oboeterukana namida no sora o
Ano itami ga kimi no koto o mamotte kureta
Sono itami ga itsumo kimi o mamotterunda
(Can you hear me So am I)
Kizutsukanai tsuyosa yori mo
Kizutsukenai yasashisa o
Sono koe wa dokoka kanashisoude
Kakechigaeta
Botan mitai ni
Kokoro karada
Hanareteita
Mou ichido kokoro o tsukande
Tsutaeni kitayo kizuato tadotte
Sekai ni oshitsubusarete shimau mae ni
Oboeterukana namida no sora o
Ano itami ga kimi no koto o mamotte kureta
Sono itami ga itsumo kimi o mamotterunda
(Can you hear me So am I)
Mitsukekita
Ano nakigoe wa
Machigainaku sou
Jibun nodatta
Subete wa kono toki no tame ni
Kitto hajime kara wakkatetanda
Mou ni do to jibun dake wa hanasanaide
Kizuite kureta
Kimi he no aizu
Ano itami ga kimi no koto o mamottekureta
Tsutae ni kitayo kizuato tadotte
Sore nara mou osoreru mono wa naindatto
Wasurenaidene egao no wake o
Ano itami ga kimi no koto o mamottekureta
Ano itami ga kimi no koto o mamottekureta
Sono itami ga itsumo kimi o mamotterunda
(Can you hear me so am I)


Nah ini adalah video klip dari flow - sign...

Read More..

24 Rekor Dunia yang Dipegang Indonesia


Disamping beberapa kekurangan yang sering melekat di tanah air kita Indonesia, namun ada puluhan rekor dunia yang patut kita banggakan sebagai warga negara Indonesia, karena sampai saat ini belum ada yang mampu memecahkan rekor tersebut dari Indonesia. Berikut daftar 24 rekor dunia yang dimiliki Indonesia:

1. Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).

2. Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).

3. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

4. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

5. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.

6. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

7. Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

8. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

9. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus’¬ yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

10.Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

11. Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

12. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

13. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.

14. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).

15. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

16. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

17. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.

18. Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

19. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.

20. Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

21. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

22. Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

23. Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.

24. Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Ternyata banyak juga sisi positif dari Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain... :D

Sumber: http://www.doktertomi.com/

Read More..

Wikileaks: Intelijen Amerika Serikat Kewalahan Memecahkan Sandi Dari Indonesia


Wikileaks, ya situs web yang tahun lalu menyebarkan sensasi dengan menguak dokumen-dokumen rahasia Amerika Serikat. Meski masalah ini sudah di anggap selesai, namun masih ada satu "misteri" yang belum terpecahkan, ternyata intelijen Amerika Serikat yang dikenal sangat pandai dalam membongkar segala rahasia yang ada di seluruh dunia serta di dukung dengan alat-alat canggih, tak bisa memecahkan kode sandi dari Indonesia??......

Dan setelah masalah Wikileaks, Intelijen Amerika kini dipusingkan dengan kode sandi yang berasal dari Indonesia. Menurut dokumen rahasia yang didapat oleh Wikileaks, badan inteligen Amerika Serikat, CIA, dan badan keamanan nasional Amerika Serikat, NSA, menangkap pesan-pesan singkat dari dan ke Indonesia. Pesan-pesan tersebut mempunyai traffic yang cukup besar.

Pesan-pesan ini membuat mereka curiga karena semua pesan singkat tersebut penuh dengan sandi yang berisi kode angka, huruf dan simbol. Sekilas kode-kode ini terlihat sederhana. Namun, para ahli kriptografi (ahli sandi) berpendapat sandi ini lebih kompleks dari yang terlihat. Kalimat-kalimatnya pendek, dan kata-katanya jauh lebih singkat dari kata-kata normal dalam bahasa Indonesia. Selain itu, tampaknya ada sebagian kata yang merupakan gabungan dari beberapa kata tetapi punya arti lain (portmanteaux). Bahasa yang digunakan sepertinya juga bukan bahasa Indonesia standar, atau mungkin bahkan bahasa daerah. Ini sama saja seperti penggunaan bahasa Navajo dalam Perang Dunia II untuk komunikasi, namun pesannya ditulis dengan mesin Enigma (alat sandi yang digunakan Nazi Jerman waktu perang dunia kedua).

Seorang agen mengatakan: “Pesan berisi kode yang kirimkan lewat jalur terbuka seperti layanan SMS membuktikan orang yang mengirim yakin bahwa kodenya tidak mudah untuk dipecahkan, setidaknya sampai informasi yang dikode sudah tidak valid lagi. Kode ini harus dipecahkan secepatnya karena bisa mengancam keamanan nasional”. Pernyataan ini berada dalam sebuah laporan di dalam salah satu dokumen yang didapat oleh Wikileaks.

Berikut adalah pesan yang didapat oleh Wikileaks:

“q g mu km pg d4rQ.i luph u B3bh.”

ternyata itu sms dari si tukang sayur buat si mbok jamu di sebelah gang alayy.

Just for fun... :D

Sumber: http://www.kaskus.us/

Read More..

Kisah di Balik Uang Seribu dan Seratus Ribu


Konon, uang seribu dan seratus ribu memiliki asal-usul yang sama tapi mengalami nasib yang berbeda. Keduanya sama-sama dicetak di PERURI dengan bahan dan alat-alat yang oke. Pertama kali keluar dari PERURI, uang seribu dan seratus ribu sama-sama bagus, berkilau, bersih, harum dan menarik. Namun tiga bulan setelah keluar dari PERURI, uang seribu dan seratus ribu bertemu kembali di dompet seseorang dalam kondisi yang berbeda.

Uang seratus ribu berkata pada uang seribu :"Ya, ampyyyuunnnn. ......... darimana saja kamu, kawan? Baru tiga bulan kita berpisah, koq kamu udah lusuh banget? Kumal, kotor, lecet dan..... bau! Padahal waktu kita sama-sama keluar dari PERURI, kita sama-sama keren kan ..... Ada apa denganmu?"

Uang seribu menatap uang seratus ribu yang masih keren dengan perasaan nelangsa. Sambil mengenang perjalanannya, uang seribu berkata : "Ya, beginilah nasibku , kawan. Sejak kita keluar dari PERURI, hanya tiga hari saya berada di dompet yang bersih dan bagus. Hari berikutnya saya sudah pindah ke dompet tukang sayur yang kumal. Dari dompet tukang sayur, saya beralih ke kantong plastik tukang ayam. Plastiknya basah, penuh dengan darah dan taik ayam. Besoknya lagi, aku dilempar ke plastik seorang pengamen, dari pengamen sebentar aku nyaman di laci tukang warteg. Dari laci tukang warteg saya berpindah ke kantong tukang nasi uduk. Begitulah perjalananku dari hari ke hari. Itu makanya saya bau, kumal, lusuh, karena sering dilipat-lipat, digulung-gulung, diremas-remas. ......"

Uang seratus ribu mendengarkan dengan prihatin..: "Wah, sedih sekali perjalananmu, kawan! Berbeda sekali dengan pengalamanku. Kalau aku ya, sejak kita keluar dari PERURI itu, aku disimpan di dompet kulit yang bagus dan harum. Setelah itu aku pindah ke dompet seorang wanita cantik. Hmmm... dompetnya harum sekali. Setelah dari sana, aku lalu berpindah-pindah, kadang-kadang aku ada di hotel berbintang 5, masuk ke restoran mewah, ke showroom mobil mewah, di tempat arisan Ibu-ibu pejabat, dan di tas selebritis. Pokoknya aku selalu berada di tempat yang bagus. Jarang deh aku di tempat yang kamu ceritakan itu.
Dan...... aku jarang lho ketemu
sama teman-temanmu. "

Uang seribu terdiam sejenak. Dia menarik nafas lega, katanya : "Ya. Nasib kita memang berbeda. Kamu selalu berada di tempat yang nyaman.

Tapi ada satu hal yang selalu membuat saya senang dan bangga daripada kamu!" "Apa itu?" uang seratus ribu penasaran.

"Aku sering bertemu teman-temanku di kotak-kotak amal di tempat-tempat ibadah. Hampir setiap minggu aku mampir di tempat-tempat itu. Jarang banget tuh aku melihat teman temanmu disana....."

Sumber: http://www.kaskus.us/

Read More..

Andai Amerika Serikat Menyerang Indonesia


Sebuah dokumen berklasifikasi sangat rahasia (TOP SECRET) bocor ke tangan wartawan. Dokumen ini adalah laporan CIA kepada Pentagon yang sebenarnya akan diteruskan ke Gedung Putih.

Menurut dokumen tsb, setelah Irak , Indonesia akan jadi sasaran berikutnya. Tapi intel-intel CIA yang lebih dahulu diterjunkan ke Indonesia, menyimpulkan bahwa jika diteruskan maka perang tsb akan menjadi sangat mahal biayanya dan dipastikan AS akan menderita banyak kerugian.

Ini isi dokumen yang telah diterjemahkan unofficial ke dalam Bahasa Indonesia:


———— ——— ——— ——— ——— ——–

Kepada Yth.

Kepala Staf Gabungan

Jenderal Richard Myers

Tembusan: Direktur CIA

Rencana penyerangan ke Indonesia sebaiknya dipertimbangkan lagi mengingat mahalnya biaya yang akan timbul dari peperangan tersebut.
Berikut data-datanya:

Begitu memasuki perairan, Armada ketujuh kita akan dihadang pihak Bea Cukai karena membawa masuk senjata api dan peralatan tanpa surat izin dari pemerintah RI. Ini berarti kita harus menyediakan “uang damai”. Coba hitung berapa besarnya jika peralatan yang dibawa sedemikian banyak.

Kemudian bila kita mendirikan base camp militer , bisa ditebak di sekitar base camp pasti akan banyak dikelilingi tukang bakso, tukang es kelapa, lapak VCD bajakan, sampai obral celana dalam Rp 10.000 dapat 3. Belum terhitung jika pedagang komedi puter juga ikut mangkal di sekitar base camp.

Kemudian kendaraan tempur serta tank-tank lapis baja yang diparkir dekat base camp akan dikenakan retribusi parkir oleh petugas dari dinas perparkiran daerah maupun preman-preman sekitar. Jika dua jam pertama dikenakan Rp 10.000 (tarif untuk orang bule), berapa yang harus dibayar oleh pemerintah AS jika kendaraan harus parkir sebulan atau setahun lebih seperti di Irak sekarang ini.

Belum lagi pengusaha parkir swasta yang bisa melobi Gubernur Fauzi Bowo untuk menaikkan tarif parkir. Lobi itu sangat mulus karena salah satu komisaris di sebuah perusahaan parkir terbesar di Jakarta itu adalah mantan pejabat tinggi.

Belum lagi di sepanjang jalan menuju lokasi base camp kita harus menghadapi para “Pak Ogah” yang berlagak mengatur jalan sambil memungut biaya dari kendaraan yang memutar. Bisa dibayangkan berapa recehan yang harus disiapkan jika harus melakukan operasi tempur menuju pusat-pusat musuh seperti Cilangkap. Dari Tanjung Priok (pelabuhan tempat Kapal induk merapat dan lokasi pasukan mendarat) ke Cilangkap saja ada berapa pertigaan, perempatan dan putaran.

Suatu kerepotan besar jika rombongan pasukan harus berkonvoi. Karena konvoi yang berjalan lambat pasti akan dihampiri para pengamen, dan anak-anak jalanan. Ini berarti harus mengeluarkan recehan lagi.

Belum lagi jika di jalan bertemu polisi bokek, udah pasti kena semprit karena konvoi tanpa izin terlebih dahulu. Bayangkan berapa uang damai yang harus dikeluarkan untuk polantas-polantas itu.

Itu baru polantas Pak Myers. Belum petugas DLLAJ. Anda harus melihat sendiri bagaimana mereka beraksi. Kendaraan2 dan tank2 itu kan belum di kir. Itu pertanda buruk. Setiap kali kir, berapa uang yang harus kita keluarkan untuk

membayar yang resmi dan tidak resmi. Belum lagi kalau mau menyerbu KODAM di daerah lain. Kita harus melewati jembatan Timbang milik DLLAJ. Siapkan saja uang pelicin yang lebih banyak.

Di base camp militer , tentara AS sudah pasti tidak bisa tidur nyenyak, karena banyak nyamuk akibat sangat tidak higienisnya lingkungan sekitar. Ini bisa dibasmi dengan penyemprotan dari dinas kesehatan. Lagi-lagi harus menyiapkan amplop untuk mereka.

Tentara AS juga nggak bisa jauh2 dari peralatan perangnya, karena disekitar base camp sudah mengintai pedagang besi loakan yang siap mempreteli peralatan perang canggih yang kita bawa. Kurang waspada sedikit saja, tank Abrams kebanggaan kita bakal siap dikiloin.

Belum lagi para pencuri kendaraan bermotor yang sudah siap beraksi dengan kunci T-nya bakal merebut jip-jip perang kita yang kalau didempul dan cat ulang bisa dijual ke pasar gelap atau pasar spare part hasil curian ranmor .

Peralatan telekomunikasi kita, yang menjadi alat vital dalam pertempuran, juga harus dijaga ketat, karena bandit kapak merah sudah mengincar peralatan itu.

Di samping itu juga ada aturan wajib lapor kalau bawa tamu jika lebih dari 1 x 24 jam, dan harus izin RT setempat. Belum RW dan kelurahan. Berapa banyak meja yang harus dilalui dengan amplopan.

Membayangkan ini semua, kami mewakili intel CIA di lapangan sepakat untuk meninjau ulang rencana penyerangan ke Indonesia .

—————————————————————————————————————————

Informasi ini kami peroleh dari salah satu forum online. Semoga belum bocor ke tangan para petinggi TNI kita.

Sumber: http://www.kaskus.us/

Read More..

Situs Jejaring Sosial Warga Ngapak


www.kayakiye.com


‘Kayakiye’, Situs Jejaring Sosial Warga Ngapak

PURWOKERTO- Wabah situs jejaring sosial telah menjamur di seluruh masyarakat di dunia. Dari anak kecil hingga orang tuapun tidak mau disebut ketinggalan jaman karena tidak memiliki akun di situs jejaring sosial terkenal seperti facebook, twitter, dan sebagainya. Beragam tujuanpun diungkapkan mereka sebagai alasan mengapa mereka harus memiliki akun jejaring sosial. Alasan paling klasik adalah agar mereka selalu bisa berhubungan dengan orang-orang terdekat mereka atau bahkan untuk mencari teman baru.

Untuk sebagian orang tidak puas dengan hanya memiliki akun saja, tetapi merekapun mencoba untuk membangun situs jejaring sosial ala mereka sendiri. Seperti yang telah dilakukan oleh Tim Ngapak Media Network yang membangun situs jejaring sosial bernama ‘Kayakiye’. Situs yang diadopsi dari Facebook ini disesuaikan dengan sasaran penggunanya yaitu warga di wilayah ‘ngapak’ (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Tegal, Brebes, Pemalang). Salah satu keunikan dari Kayakiye adalah bahasanya yang menggunakan bahasa ‘ngapak’ sebutan dari bahasa daerah sekitar Banyumas.

“Kayakiye dibangun untuk menjaring warga baik yang berada di wilayah ngapak ataupun diluar yang memiliki hubungan dengan daerah ini “, ungkap Andi, salah satu software developer Ngapak Media Network yang ditemui di rumahnya. ” situs ini menggunakan bahasa ngapak, bahasa asli daerah kami agar masyarakat nyaman sekaligus melestarikan bahasa daerah kami”, lanjut Andi.

Situs ini masih versi beta dan akan terus dikembangkan seiring dengan masukan-masukan yang diberikan oleh masyarakat.

Jadi untuk anda warga ‘ngapak’ silahkan bergabung di jejaring sosial ngapak ‘Kayakiye.com’.

Sumber: http://www.ngapak.com/

Read More..

Mencintai Kekurangannya


Cerita ini diambil dari catatan teman saya di facebook, dengan sedikit perubahan. Cerita bermula dari Sepasang manusia yang baru saja menikah, mereka merasa sangat bahgia. Tapi sang istri masih merasa resah. Pada suatu pagi, sang istri mendekati sang suami, dengan penuh kelembutan dia berkata: "Mas....sebelum menikah kan kita pacaran udah lama, tapi kan cuma kebaikan yang aku dan mas liat. Kita sama sama belum tau keburukan masing masing." sang istri terdiam. Sang suami pun merasa heran dengan sikap istrinya yang tak biasa. "Sebenernya apa yang mau kamu bilang? ada masalah? mas punya salah?" tutur sang suami. Sang istri dengan cepat menjawab, " ngga gitu mas, mas ngga salah apa apa kok. Aku cuma minta kita sama sama jujur, apa yang ngga disuka dari kita masing masing, biar kita bisa saling jaga kelakuan kita masing masing. Aku takutnya nanti aku nglakuin hal yg mas ngga suka."

Sang suami tersenyum, dengan nada sabar dia bertanya: "trus apa yang kamu pengin sekarang?". Sang istri pun menjawab: "Aku cuma pengin, bagaimana kalo kita sama sama nulis diselembar kertas, apa yang kita ngga suka dari pasangan kita, sebanyak banyaknya dan itu jujur, ngga boleh takut, dan kita ngga boleh marah, kan biar kita ngga lakuin apa yang ngga disukain ma pasangan kita. Aku takut kalo ditengah jalan, kita ada yang ngga suka ma sifat sifat kita." Dengan nada halus sang suami menjawab sambil tersenyum, "ya udah kalo itu yang kamu mau, ambilkan kertas dan pulpen, kita tulis sekarang yaa."

Tanpa berkata kata sang istri bergegas mengambil kertas dan pulpen. "Nah ini kertas sama pulpennya, 5 menit ya? tapi inget, jangan marah kalo udah jujur, okey..?"

"Okey!" kata sang suami sambil tersenyum.
5 menit sudah berlalu.

"Aku udah selesai mas, mas udah??" tanya sang istri.

"Sudah.." jawab sang suami singkat.

"Coba mas dulu yang baca. Trus aku dengerin." kata sang istri.

"Mana mungkn mas membiarkan istri mas belakangan, kamu dulu aja ya? mas dengerin dech.."

"Tapi mas jangan marah ya? janji?"
sang suami mengedipkan matanya perlahan sambil mengangguk.

"Aku ngga suka kalo mas tidurnya ngorok, aku ngga bisa tidur..."
sang suami tertawa kecil...
"Kenapa? marah ya?..." tanya istri...

"Ngga...lanjutin donk.."

"Terus, aku ngga suka kalo mas itu berantakan, terus aku ngga suka kalo mas bau rokok, terus aku ngga suka kalo mas itu naroh barang barang seenaknya mas. Terus...."
sang istri tb2 brhnti krn mlht sang suami hny trsnyum sja.

"Kenapa tersenyum? ngga suka ya aku jujur? apa padahal marah? gara gara aku complain?"

"mas ngga marah, mas seneng kok kamu mau jujur apa yang ngga kamu suka dari mas, dan mas bakalan berubah kok buat kamu. Biar mas jadi lebih baik. Ya udah lanjutin lagi. kayaknya masih banyak tuh."

"ngga ah, masa aku terus, biar nanti mas yang baca ndiri aja, sekarang gantian donk. Mas yang bacain apa yang mas ngga suka dari aku"

Sang suami kembali tersenyum sambil menunjukan selembar kertas yang ternyata kosong. Sang istri pun merasa aneh, "kenapa kosong mas?"

"buat apa mas nulis kekurangan kamu? sementara bagi mas, kekuranganmu memberi warna baru dikehidupan mas yang dulunya cuma abu abu. Apakah pantas itu semua dianggap kekurangan buat mas? Mas menikahimu, bukan cuma karena kelebihan mu, tapi karena kekurangan mu itu, yang membuat hidup mas jadi lebih bermakna. Biarlah kita jalanin apa adanya. Semua pertengkaran dan cobaan akan membuat mas menjadi lebih bangga punya istri yang mau mendampingi mas disaat mas susah atau pun senang. Tetaplah kamu apa adanya, istriku yang aku kenal dari dulu"

tak terasa, air mata sang istri menetes. Dan dengan cepat memeluk sang suami "Maafkan aku mas, maafkan istrimu ini yang telah meragukan mu"

Read More..

Visi Dalam Dunia Komunikasi

VISI DALAM DUNIA KOMUNIKASI
TUGAS PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI




DHANY DIMAS OKTRIYANTO
D0210028
ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
2010/2011




A. PENDAHULUAN

Pada jaman dahulu kala mungkin sebagian besar orang mengira bahwa ilmu komunukasi tidak terlalu penting untuk dipelajari. Ini disebabkan mungkin karena orang-orang lebih tertarik kepada ilmu-ilmu yang lain yang lebih penting. Alasan lain, sebagian besar orang mengatakan komunikasi itu tidak terlalu penting karena komunikasi sudah menjadi kebiasaan yang terjadi di dalam masyarakat. Padahal apabila kita telusuri lebih lanjut tentang hakekat ilmu komunikasi, maka ilmu komunikasi adalah ibu dari segala ilmu. Mengapa disebut ibu dari segala ilmu? Ini dikarenakan semua ilmu ilmu tak akan berkembang tanpa adanya komunikasi, sehingga komunikasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita.
Dewasa ini penelitian-penelitian komunikasi terus menerus dilakukan. Sejumlah jurnal ilmiah dalam bidang komunikasi terbit. Sejumlah karya ilmiah telah menjadi karya klasik dalam ilmu komunikasi seperti The People Choice, The Passing of Traditional Society, Mass Media and National Development, Personal Influence, Understanding Media, The Process and Effect of Communication, Public Opinion, dan sebagainya.
Demikian pula sejumlah figurnya seperti Paul F. Lazarfeld, Wilbur Schramm, Harold Lasswell, Walter Lippmann, Bernard Berelson, Carl Hovland, Elihu Katz, Daniel Lerner, David K. Berlo, Shannon, McComb, George G. Gebner, dan sebagainya telah dikenal sebagai tokoh-tokoh dalam kajian ilmu komunikasi. Sedangkan di Indonesia terdapat sejumlah figur penting dalam bidang Ilmu Komunikasi seperti M. Alwi Dahlan, Astrid Susanto Sunario, Andi Muis, Jalaludin Rahmat, Ashadi Siregar, Anwar Arifin, Hafid Changara, Dedy N. Hidayat, Marwah Daud Ibrahim, Onong Efendi Uchayana, dan sebagainya. Karya-karya mereka telah memberi warna bagi eksistensi kajian ilmu komunikasi di Indonesia.
Dengan didahului dengan munculnya tokoh-tokoh ilmu komunikasi, kemudian di era globalisasi saat ini, komunikasi berubah menjadi barang yang sangat berharga. Semua orang rela mempelajari ilmu komunikasi selama bertahun tahun. Karena pada jaman sekarang semua orang di tuntut dapat bekerja sama dan berkomunikasi antar individu atau antar kelompok dengan baik dalam pekerjaannya. Banyak orang yang beranggapan tingkah laku seseorang dapat disimpulkan dari tutur katanya. Maka bila ada lowongan pekerjaan di suatu perusahaan, para petinggi perusahaan tersebut pasti mengikutsertakan test wawancara sebagai salah satu syarat untuk dapat diterima di perusahaan tersebut.
Dibagian media massa, komunikasi juga sudah menjadi peran utama dalam sendi sendi kehidupan. Koran sudah menjadi makanan utama masyarakat di Indonesia. Walau tak dapat dipungkiri bahwa jumlah pembaca masih cukup rendah. Di dalam koran terdapat banyak informasi informasi yang memancing para pembacanya untuk saling berkomunikasi. Kemudian handphone (hp) dan internet, keduanya bisa dibilang menjadi bintang pada masa globalisasi saat ini.
Tak dapat dipungkiri bahwa tanpa adanya kedua alat komunikasi ini, kita tak dapat berhubungan dengan kerabat famili ataupun orang lain yang letaknya jauh berpuluh bahkan beribu kilometre disana. Selain itu, internet juga dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan. Segala sesuatu informasi yang kita butuhkan pasti ada di internet. Akan tetapi kedua alat komunikasi tersebut memang ada efek negatifnya. Ini lah tantangan kita untuk dapat memilih dan memilah efek positif dan efek negatif dari kedua alat komunikasi tersebut.



B. ISI

Kata atau istilah komunikasi (dalam bahasa Inggris “communication”), berasal dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis. Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Karena itu merujuk pada pengertian Ruben dan Steward(1998:16) mengenai komunikasi manusia yaitu: Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to the environment and one another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain. Sehingga arti dari komunikasi ialah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media terrtentu untuk menghasilkan efek /tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik.
Beberapa definisi komunikasi dari berbagai tokoh:
1. John R. Wenburg dan William Wilmot:
"Komunikasi adalah suatu usaha memperoleh makna"
2. Donald Byker dan Loren J. Anderson:
"Komunikasi (manusia) adalah berbagi informasi antara dua orang atau lebih"
3. William Gorden:
"Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan"
4. Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson:
"Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna"
5. Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss:
"Komunikasi adalah proses pembentukan makna di antara dua orang atau lebih"
Komunikasi terdiri dari berbagai fungsi, yaitu fungsi komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, dan komunikasi instrumental. Fungsi komunikasi yang sering kita lakukan ialah fungsi komunikasi sosial. Karena kita adalah makhluk sosial dan kita hidup di masyarakat, yang menuntut kita agar berkomunikasi secara terus menerus atau continue. Akibat dari komunikasi sosial maka terjadilah fungsi komunikasi ekspresif, yaitu suatu komunikasi yang dilakukan sebagai respon dari komunikasi sosial yang terjadi secara tiba-tiba.
Mungkin diliat dari contoh diatas, komunikasi terlihat sangat sederhana. komunikasi terjadi ketika dua individu saling berinteraksi kemudian terjadi lah komunikasi. Akan tetapi komunikasi sebenarnya sangat rumit untuk dipelajari. Lihat saja kerusuhan yang sudah sering terjadi, jika kita telusuri akar dari kerusuhan-kerusuhan tersebut, tidak lepas dari salahnya pengartian sebuah komunikasi. Di samping itu para pengusaha dunia dan motivator-motivator ulung yang berhasil dalam bidang-bidang mereka yang tidak lepas dari keahlian mereka dalam berkata-kata dan berkomunikasi.
Maka dari itu, dilihat dari pentingnya sebuah komunikasi kita harus memiliki sebuah visi tentang komunikasi agar kita tak terjebak dalam efek negatif komunikasi. Visi sendiri merupakan pandangan kita terhadap suatu hal yang memuat rencana kerja untuk membawa suatu organisasi di masa depan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan kata lain, visi merupakan sebuah cita-cita yang ingin kita raih dalam waktu yang kita rencanakan.
Alat komunikasi (teknologi) yang beredar saat ini sudah sangat membantu kita dalam menangani sebuah masalah kehidupan. Namun, kita harus mengontrol diri terhadap teknologi komunikasi yang beredar saat ini. Dengan adanya kontrol diri yang baik, kita akan terhindar dari efek negatif dan akan menyerap efek positif dari teknologi tersebut. Lalu selain mengontrol diri, kita juga perlu melakukan inovasi-inovasi dalam dunia alat komunikasi. Tiap tahun alat komunikasi di dunia ini tanpa kita sadari selalu berkembang pesat. Selain mengikuti perkembangan alat komunikasi, kita juga di anjurkan mengadakan inovasi-inovasi terhadap alat komunikasi agar ilmu ilmu yang sudah kita serap dari efek positif teknologi tidak terbuang percuma. Dan melatih kita agar menjadi manusia yang lebih kreatif dan bermanfaat bagi manusia sekitar.
Visi saya dalam dunia komunikasi dewasa ini ialah menciptakan masyarakat yang sadar akan informasi dan komunikasi dan membangun dalam diri masyarakat tersebut agar lebih menerima perubahan-perubahan yang positif agar dapat memajukan dan mensejahterakan kehidupan mereka.
Untuk itu diperlukan usaha-usaha untuk mendukung visi di atas, antara lain:
1. Membatasi pengguna internet.
Penyedia layanan internet di anjurkan untuk membatasi penggunaan internet. Sepeti yang kita ketahui, internet merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan, namun banyak juga sisi negatif dari internet. Oleh karena itu perlu di batasi umur pengguna internet. Kita yang sudah cukup umur atau dewasa mungkin sudah bisa memilih dan memilah mana informasi yang positif dan mana informasi yang negatif. Namun bagi anak-anak yang masih belum tahu banyak tentang dunia internet, mereka mungkin akan terjerumus ke lembah hitam. Keberadaan internet bagi anak-anak memang belum begitu penting. Akan tetapi, apabila para orang tua ingin mengajarkan sesuatu dengan cara yang berbeda, internet lah jawabannya. Saya disini bukan melarang anak-anak untuk membuka internet, tetapi pada saat anak-anak mulai membuka internet sebaiknya anak-anak didampingi oleh orang tua atau orang dewasa agar informasi yang masuk merupakan informasi yang positif dan dapat membangun ilmu pengetahuan anak tersebut.
2. Mengoptimalkan kegunaan dari alat komunikasi.
Dewasa ini mungkin kegunaan dari alat komunikasi (handphone/internet) sudah cukup baik, namun ada kalanya kegunaan itu di salah gunakan. Sudah marak terjadi penipuan berhadiah via SMS atau telepon. Lalu melalui media internet, banyak juga penipuan-penipuan dan pencemaran nama baik serta ada juga yang lainnya. Maka dari itu kita seharusnya lebih mengoptimalkan kegunaan dari alat komunikasi kearah yang positif dan meminimalisir dampak negatif yang di timbulkan dari alat komunikasi tersebut.
3. Peran pemerintah dalam mengawasi alat komunikasi.
Peran pemerintah pada hal ini tak dapat dipisahkan. Pemerintah sebaiknya mengadakan proteksi dan proaktif terhadap alat komunikasi yang beredar saat ini. Agar masyarakatnya dapat lebih merasakan kegunaan dari alat komunikasi tersebut sehingga dapat mensejahterakan kehidupan mereka sendiri.



C. PENUTUP
Kesimpulan:
- Komunikasi ialah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media terrtentu untuk menghasilkan efek /tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik.
- Komunikasi memiliki 4 fungsi yaitu, komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, dan komunikasi instrumental.
- Visi saya dalam dunia komunikasi ialah menciptakan masyarakat yang sadar akan informasi dan komunikasi dan membangun dalam diri masyarakat tersebut agar lebih menerima perubahan-perubahan yang positif agar dapat memajukan dan mensejahterakan kehidupan mereka.

Saran:
- Dalam konteks penggunaan teknologi informasi hendaknya pemerintah melakukan pengawasan, baik untuk pengguna maupun penyedia. Agar teknologi tersebut sesuai dengan fungsi dan kegunaan yang semestinya.
- Ilmu komunkasi secara tidak langsung mengasah individu untuk lebih aktif dan kritis, sehingga ilmu komunikasi memberikan bekal untuk menjadi seseorang individu yang terampil dan sukses dimasa akan datang.

Read More..

Komunikasi Sosial

TUGAS UJIAN KOMPETENSI DASAR (KD) 1
MATA KULIAH ILMU KOMUNIKASI





DHANY DIMAS OKTRIYANTO
D0210028
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
2010/2011




BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti. Dalam penyampaian atau penerimaan informasi ada dua pihak yang terlibat yaitu :
1. Komunikator : Orang / kelompok orang yang menyampaikan informasi atau pesan
2. Komunikan : orang atau kelompok orang yang menerima pesan.
Dalam berkomunikasi keberhasilan komunikator atau komunikan sangat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu : Cakap, Pengetahuan, Sikap, Sistem Sosial, Kondisi lahiriah. Menurut Lasswell, Effendy (1994:11-19) membedakan proses komunikasi menjadi dua tahap, yaitu:
1. Proses komunikasi secara primer
Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai media. Lambang sebagai media primer dalam proses komunikasi adalah pesan verbal (bahasa), dan pesan nonverbal (kial/gesture, isyarat, gambar, warna, dan lain sebagainya) yang secara langsung dapat/mampu menerjemahkan pikiran dan atau perasaan komunikator kepada komunikan.
Komunikasi berlangsung apabila terjadi kesamaan makna dalam pesan yang diterima oleh komunikan. Dengan kata lain, komunikasi adalah proses membuat pesan yang setara bagi komunikator dan komunikan. Prosesnya sebagai berikut, pertama-tama komunikator menyandi (encode) pesan yang akan disampaikan disampaikan kepada komunikan. Ini berarti komunikator memformulasikan pikiran dan atau perasaannya ke dalam lambang (bahasa) yang diperkirakan akan dimengerti oleh komunikan. Kemudian giliran komunikan untuk menterjemahkan (decode) pesan dari komunikator. Ini berarti ia menafsirkan lambang yang mengandung pikiran dan atau perasaan komunikator tadi dalam konteks pengertian. Yang penting dalam proses penyandian (coding) adalah komunikator dapat menyandi dan komunikan dapat menerjemahkan sandi tersebut (terdapat kesamaan makna).

2. Proses komunikasi sekunder
Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
Seorang komunikator menggunakan media ke dua dalam menyampaikan komunikasike karena komunikan sebagai sasaran berada di tempat yang relatif jauh atau jumlahnya banyak. Surat, telepon, teleks, surat kabar, majalah, radio, televisi, film, dsb adalah media kedua yang sering digunakan dalam komunikasi. Proses komunikasi secara sekunder itu menggunakan media yang dapat diklasifikasikan sebagai media massa (surat kabar, televisi, radio, dsb.) dan media nirmassa (telepon, surat, megapon, dsb.).
Dari penjabaran di atas, komunikasi berperan penting bagi kehidupan manusia, karena manusia itu sendiri dikenal sebagai makhluk sosial. Setiap saat pasti manusia di dunia ini melakukan komunikasi, baik itu komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal.

B. PEMBATASAN MAKALAH
• Pengertian Ilmu komunikasi
• Komunikasi Sosial

C. TUJUAN PENULISAN MAKALAH

• Untuk mengetahui dan mempelajari Ilmu Komunikasi
• Untuk mengetahui dan mempelajari Komunikasi Sosial



BAB II
PEMBAHASAN


A. PENGERTIAN KOMUNIKASI
Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Karena itu merujuk pada pengertian Ruben dan Steward(1998:16) mengenai komunikasi manusia yaitu: Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to the environment and one another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.
Di kutip dari buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar yang di tulis oleh Deddy Mulyana, terdapat empat fungsi komunikasi, yakni: komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, dan komunikasi instrumental. Dan di makalah ini, penulis akan sedikit menjelaskan tentang komunikasi sosial.

B. KOMUNIKASI SOSIAL
Di kehidupan ini komunikasi merupakan sesuatu yang sangat vital. Komunikasi berperan penting bagi kehidupan manusia, karena manusia itu sendiri dikenal sebagai makhluk social. Setiap saat pasti manusia di dunia ini melakukan komunikasi, baik itu komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal. Namun , berkomunikasi dengan mengharapkan timbal balik yang positif dari lawan bicara kita itu sulit, contohnya pada saat perang dunia kedua. Menjelang akhir perang dunia kedua, terdapat bukti bahwa ada kekeliruan dalam menterjemahkan pesan yang dikirimkan pemerintah Jepang dan ini telah memicu pengeboman Hiroshima. Kata mokusatsu yang digunakan Jepang dalam merespon ultimatum Amerika Serikat untuk menyerah diterjemahkan oleh domei sebagai “mengabaikan”, tetapi pihak Amerika Serikat mengartikan kata tersebut dengan “no comment” sehingga pihak Amerika Serikat memutuskan menjatuhkan bom atom di Hiroshima. Padahal kata mokusatsu itu adalah “Kami akan menanti ultimatum Tuan tanpa komentar.”
Melihat dari kasus di atas, kesalahpahaman dalam berkomunikasi akan mengakibatkan sebuah masalah, maka komunikasi sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Berdasarkan pengamatan berbagai pakar komunikasi, mereka mengemukakan fungsi yang berbeda-beda, meskipun ada kalanya terdapat kesamaan dan tumpang tindih diantara berbagai pendapat tersebut. Seperti yang sudah penulis katakan di atas, di kutip dari buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar yang di tulis oleh Deddy Mulyana, terdapat empat fungsi komunikasi, yakni: komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, dan komunikasi instrumental. Berikut ini saya akan membahas komunikasi sosial.
Komunikasi sosial adalah Kegiatan komunikasi yang diaarahkan pada pencapaian suatu situasi integrasi sosial. Komunikasi sosial juga merupakan suatu proses pengaruh-mempengaruhi mencapai keterkaitan sosial yang dicita-citakan antar individu yang ada di masyarakat. Komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk menbangun konsep diri kita, aktualisasi diri, kelangsungan hidup, memperoleh kebahagian, terhindar dari tekanan dan ketegangan (lewat komunikasi yang bersifat menghibur) dan mempunyai hubungan dengan orang lain.
- Pembentukan konsep diri
Pembentukan konsep diri adalah pandangan kita mengenai siapa diri kita dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita. Aspek-aspek konsep diri diantaranya : jenis kelamin, agama, kesukuan, pendidikan, pengalaman, rupa fisik dan lain-lain. Identitas etnik merupakan konsep penting atau unsur-unsur penting konsep diri.
- Pernyataan eksistensi diri
Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut aktualisasi diri atau pernyataan eksistensi diri. Ketika berbicara, kita sebenarnya menyatakan bahwa kita ada. Komunikasi sosial itu sendiri bertujuan untuk integrasi bangsa dan sosial. Integrasi adalah menciptakan rasa aman yang diperoleh dari ikatan sosial yang kuat dengan mengorbankan sedikit atau banyak kepentingan individu. Adapun beberapa masalah yang menjadi penghambat integrasi bangsa dan integrasi sosial, yaitu :
1. Integrasi bangsa melalui komunikasi antar generasi.
2. Pengaruh luar negeri melalui komunikasi internasional dan ilmu pengetahuan.
3. Akibat-akibat pembangunan sebagai unitended by products, contoh : pembangunan yang lebih banyak dikota dibandingkan dipedesaan.
Integrasi bangsa dan sosial dapat dicapai melalui :
1. Perbedaan identifikasi bangsa melalui bahasa.
Bahasa merupakan pencerminan dari realita hidup masyarakat, mekanisme bersosialisasi dan komuniakasi, situasi hubungan, diri dan derajat integrasi diri dan persediaan pengetahuan.
2. Identifikasi sosial melalui proses belajar atau sosialisai.
Sistem sosial adalah hasil dari interaksi yang bersifat interdependen dan komplementer.
3. Identifikasi sosial melalui legitimasi
Contohnya yaitu : Di Indonesia sila Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan nilai yang merupakan perlu atau utama bagi seluruh warga negara Indonesia.
Sejak lahir kita tidak dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti makan dan minum, dan memenuhi kebutuhan psikologis kita seperti sukses dan kebahagiaan. Melalui komunikasi pula kita dapat memenuhi kebutuhan emosional kita dan meningkatkan kesehatan mental kita. Komunikasi sosial mengisyaratkan bahwa komunikasi dilakukan untuk pemenuhan diri untuk merasa terhibur, nyaman dan tentram dengan diri sendiri dan juga orang lain.



BAB III
PENUTUP


A. KESIMPULAN

Dapatkah kita tidak berkomunikasi? Adalah sebuah kekeliruan besar ketika kita berpikir bahwa kita bisa hidup tanpa berkomunikasi. Kita tidak bisa tidak berkomunikasi. Kepada siapapun, apapun, kapanpun, bagaimanapun. Komunikasi menjadi semakin penting ketika kita dihadapkan pada sekeliling kita. Komunikasi, dalam konteks apapun, adalah bentuk dasar adaptasi lingkungan. Menurut Rene Spitz, komunikasi (ujaran) adalah jembatan antara bagian luar dan bagian dalam kepribadian. Itulah mengapa kita selalu membutuhkan orang lain, bukan saja karena kita tidak dapat lepas dari lingkungan, tetapi kehadiran orang lain akan memperteguh fitrah kekomunikasian kita.
Melalui komunikasi dengan orang lain, kita dapat memenuhi kebutuhan emosional dan intelektual kita, dengan memupuk hubungan yang hangat dengan orang-orang di sekitar kita. Komunikasi sosial menandakan bahwa komunikasi dilakukan untuk pemenuhan-diri, untuk merasa terhibur, nyaman dan tenteram dengan diri-sendiri dan juga orang lain.
Deddy Mulyana dalam bukunya Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar mengatakan bahwa fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep-diri kita, aktualisasi-diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain.



DAFTAR PUSTAKA


• http://www.google.com
• http://bambangsukmawijaya.wordpress.com/category/komunikasi-sosial/
• Mulyana, Deddy. 2007, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rasadakarya: Bandung.

Read More..

Pemuda Islam yang Ideal

PROFIL PEMUDA ISLAM YANG IDEAL
TUGAS ASISTENSI AGAMA ISLAM (AAI)




DHANY DIMAS OKTRIYANTO
D0210028
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
2010/2011




PENDAHULUAN


1. Latar Belakang
Dalam sebuah hadis shahih, Rasulullah SAW pernah ditanya oleh seorang sahabat, ''Kapankah sedekah yang paling utama itu?'' Beliau menjawab, ''Engkau bersedekah pada waktu muda sehat, berkeinginan untuk kaya, dan takut miskin.''
Ada semacam kecenderungan di kalangan sebagian masyarakat di sekitar kita untuk menangguhkan kegiatan perjuangan hanya menjelang masa tua dari berbagai macam aktivitas atau menjelang usia lanjut. Seolah-olah keberagamaan itu teraktualisasikan pada saat energi untuk menguasai kehidupan telah hampir terkuras habis. Keterlibatan dalam perjuangan menyiarkan Islam hanyalah diletakkan pada usia dan tenaga sisa saja.
Banyak contoh dalam realitas kehidupan, seseorang ketika memiliki
jabatan, harta, maupun kedudukan, sangat jauh dari nilai-nilai agama. Bahkan, cenderung menentang kegiatan-kegiatan keagamaan. Namun, ketika usia menjelang senja, orang tersebut mulai kelihatan aktif terlibat dalam kegiatan keislaman. Tentu saja hal ini tidaklah salah, apalagi jika dibandingkan dengan sama sekali tidak sadar.
Akan tetapi, jika memperhatikan hadis di atas, ibadah dan berjuang yang paling utama itu justru dilakukan pada saat usia muda yang energik dan penuh vitalitas, ketika keinginan untuk mendapatkan yang terbaik dan terbanyak begitu mendominasi. Sedekah, sebagai contoh, dikeluarkan pada saat memiliki angan-angan dan cita-cita menjadi orang kaya, serta takut miskin, sehingga segala sesuatunya diperhitungkan dengan teliti. Demikian pula dengan tobat, yang terbaik adalah dilakukan oleh anak muda yang relatif sedikit dosa dan kesalahannya, atau jika melakukan kesalahan dianggap wajar oleh masyarakat.
Dalam sebuah hadis riwayat Imam Dailami dari Umar, Rasulullah SAW bersabda, ''Tobat itu sangat baik, akan tetapi jika dilakukan oleh anak muda jauh lebih baik....'' Karena itu, balasan dari Allah SWT bagi anak muda yang mengisi masa mudanya dengan kegiatan yang bermanfaat sangat luar biasa, yaitu kelak di Padang Makhsyar akan mendapatkan naungan-Nya pada saat tidak ada naungan selain naungan-Nya.



PEMBAHASAN


1. Pemuda Islam yang Ideal
Usia muda adalah usia yang memiliki fisik prima, akal segar, keingintahuan yang tinggi, dan semangat kuat, namun belum memiliki pengalaman yang cukup. Pemuda memiliki hasrat yang tinggi untuk melakukan suatu perubahan, hal ini membawa dampak pemuda berpotensi untuk membuat kebajikan, dan juga potensial untuk membuat keonaran. Jika dikembangkan kearah positif maka para pemuda dapat menjadi asset yang berharga bagi bangsa maupun umatnya.
Meski demikian, perlu juga diwaspadai, masa muda adalah masa dimana segala gejolak dan rasa mencapai puncaknya. Hasrat dan keinginan bergejolak dahsyat dalam jiwa. Godaan dan dorongan nafsu mendesak sangat kuat. Sehingga peluang untuk tergelincir pada lembah kemaksiatan terbuka lebar, sebagaimana peluang menuju kesuksesan pun terhampar di depan mata.
Pemuda. Sejatinya adalah orang muda sebagai generasi penerus dari
golongan yang tua, dan sebagai harapan bangsa. Pemuda adalah para remaja, pelajar, mahasiswa, dan lain sebagainya, yang tentunya memiliki jiwa yang muda. Namun, seperti apakah pemuda islam itu?
Menjadi sosok pemuda muslim ideal yang menjadi harapan bangsa dan Negara tidaklah mudah. Jiwa muda yang berkembang dalam diri para pemuda ini menyebabkan terkadang mereka terbawa arus perubahan zaman. Namun demikian agama islam memerintahkan agar kita mempersiapkan generasi muda penerus dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi tantangan zaman, maka diperlukan pemuda muslim yang menjadi harapan umat dan bangsa.
Sifat-sifat dasar pemuda muslim ideal yang menjadi dambaan umat yaitu pertama, memiliki aqidah yang benar. Inti dari aqidah adalah tauhid yaitu mengesakan Allah SWT. Hanya menyembah kepada Allah dan tidak menyekutukan Allah dan menyerahkan diri sepenuhnya hanya kepada Allah. Kedua, memiliki ilmu dan tsaqafah islam. Selalu haus akan ilmu pengetahuan dan mengamalkannya. Sehingga pemuda muslim mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang luas. Dapat dibayangkan betapa suatu bangsa akan cepat maju bila memiliki generasi-generasi muda yang memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi.
Nabi Muhammad saw. bersabda,”Manfaatkan yang lima sebelum datang
yang lima: masa mudamu sebelum datang masa tuamu; masa sehatmu
sebelum datang masa sakitmu; masa kayamu sebelum datang masa
miskinmu; masa hidupmu sebelum datang masa matimu; masa luangmu
sebelum datang masa sibukmu.” (H.R. Al Baihaqi)
Bila seorang pemuda Islam telah dapat mengimani Allah SWT. dan Rasul-Nya, tentunya ia akan selalu mengamalkan ajaran Islam, baik dalam
perbuatan dan kehidupan sehari-hari, hingga usaha pendakwahan agama Islam. Karena seorang pemuda Islam tentunya tidak ingin menjadi orang yang merugi, karena ciri orang yang tidak mengalami kerugian dalam hidup adalah senantiasa mengamalkan dan mendakwahkan Islam. Nabi Muhammad saw bersabda, “Barang siapa menyeru kepada kebaikan maka ia akan memperoleh pahala seperti dengan orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim).
Al-Qur`an banyak bercerita tentang sosok pemuda yang mampu
mewujudkan perubahan dengan keunggulan pribadi yang kuat. Mereka memiliki prinsip dan sikap yang jelas dalam mewujudkan perubahan tersebut. Bukan keunggulan kepribadian saja yang kuat, tetapi keunggulan tersebut sangat dibutuhkan oleh zamannya.
Sosok Ibrahim, pemuda cerdas serta kritis terhadap ideologi dan
keyakinan yang dianut masyarakat sekitarnya, termasuk orang tuanya sendiri. “Dan ingatlah waktu Ibrahim berkata kepada bapaknya Aazar: ”Pantaskah kamu menjadikan berhala-berhala sebagai tuhan-tuhan? Sesungguhnya aku melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Al-An`am:74). Nabi Ibrahim mampu mematikan logika sesat Aazar dan Namrud. Dengan gagah berani dan keyakinan yang tinggi dia mendebat Namrud (QS. Al-Anbiya (21): 52-71). Keunggulan logika Ibrahim tersebut sangat tepat dengan zamannya.
Lihatlah sosok sahabat-sahabat Rasulullah, sebagian besar dari mereka
adalah seorang pemuda. Pemuda Islam yang gagah berani serta benar-
benar menggunakan masa mudanya untuk kemuliaan Islam. Mereka muda
tapi dewasa, memiliki kepribadian yang matang serta tsabbat, punya sikap
dan pantang menyia-nyaiakan waktu mudanya dengan kelalaian.

2. Sifat yang Dimiliki Pemuda Islam
Masa muda merupakan masa-masa terindah yang Allah beri. Disana ada banyak peluang untuk berprestasi, berkreasi dan berinovasi. Masa muda penuh karya, penuh makna dan hikmah. Allah memberikan masa muda yang sama bagi setiap orang, yang membedakan adalah penyikapan terhadap masa yang Allah berikan tersebut, apakah akan dipergunakan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat atau menyianyiakannya dengan segala macam kesenangan sesaat. Jangan sampai muara dari masa muda adalah penyesalan di masa tua. Al-Qur`an yang menempatkan masa muda sebagai masa kekuatan. “Allah-lah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) setelah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) setelah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dan Dia Maha Mengetahui, Maha
Kuasa.” (QS. Ar-Ruum: 54) bijak jika masa muda dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Berikut ini beberapa hal yang dapat membuat masa muda lebih bermanfaat lagi:
1. Idealis, yaitu bercita – cita tinggi.
2. Kreatif, yaitu memiliki daya cipta yang tinggi.
3. Selalu ingin tahu, yaitu memiliki rasa penasaran atas sesuatu yang baru.
4. Berani, yaitu tidak malu dalam bertanya.
5. Pantang menyerah, yaitu tidak gampang putus asa.
6. Optimis, yaitu berpandangan baik.
7. Beribadah dan beramal sholeh, yaitu berusaha mendekatkan diri kepada sang pencipta yaitu Allah SWT.
8. Belajar dan mengkaji ilmu-ilmu Allah, yaitu rajin dalam mencari ilmu.



PENUTUP


1. Kesimpulan
Pemuda Islam adalah pemuda yang mampu mengangkat nama agamanya serta nama bangsanya. Berusaha untuk melawan kehidupan yang hanya penuh dengan kemaksiatan serta bertawakkal kepada Allah SWT. Generasi muda Islam dianjurkan untuk selalu menumbuhkan kesadaran diri akan betapa peran kita selalu dibutuhkan. Sekecil apapun yang bisa kita sumbangkan untuk Islam akan sangat bernilai dan akan dibalas dengan yang setimpal bahkan berlipat ganda.
Romawi Timur (Turki) telah ditaklukkan, dan Sungguh Rasulullah SAW pernah janjikan akan tiba saatnya bagi Romawi Barat (Vatikan/ Italia) untuk tunduk di bawah naungan Islam. Bersiap-siaplah kita semua untuk menjadi para pewaris Muhammad Al-Fatih, Sang Penakluk. Wallahu A’lam.



Daftar Pustaka:

- Figur Pemuda Islam/ Hasan Al-Banna, Abdullah Nashih ‘Ulwan, Ahmad Muhammad Jamal/ Penerbit Cahaya Perss, Jakarta/ 2002.
- Generasi Mendatang Generasi Yang Menang/ Dr. Yusuf Al-Qaradhawy/ Penerbit Gema Insani Perss, Jakarta/ 1995.
- Jangan Jadi Bebek/ O. Solihin/ Penerbit Gema Insani Perss, Jakarta/ 2002.
- http://www.syahadat.com/artikel/214-pemuda-islam/
- http://bankganteng.blogspot.com/2010/11/profil-dan-ciri-ciri-pemuda-muslim-yang/
- http://latisi.multiply.com/journal/item/1/FIGUR_PEMUDA_ISLAM_IDEAL/

Read More..

Long Life Education

MAKALAH ASISTENSI AGAMA ISLAM (AAI)
LONG LIFE EDUCATION




DHANY DIMAS OKTRIYANTO
D0210028
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
2010/2011




PENDAHULUAN


1. Latar Belakang

Akhir-akhir ini banyak para ahli yang mulai menyebarkan paham long life education atau dengan kata lain pendidikan sepanjang hayat. Salah satunya ialah R.S. Peters, dalam bukunya sendiri "The Philosophy of Education", ia menandaskan bahwa pada hakekatnya pendidikan tidak mengenal akhir, karena kualitas kehidupan manusia terus meningkat. Seruan tentang pendidikan adalah proses tanpa akhir juga dilakukan oleh negara. Sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri.
Namun pada suatu masyarakat yang menganut aliran kapitalisame, kemajuan pendidikan hanya di lihat dari sejauh mana ia dapat menghasilkan tenaga-tenaga kerja yang akan dapat membuat mesin-mesin industri berjalan. Ideologi kapitalis dalam dunia pendidikan dapat dengan mudah dilihat dari pelajaran yang dipecah-pecah menjadi kepingan-kepingan ilmu yang semuanya berujung dan berpangkal pada hubungan jual-beli dan untung-rugi. Lalu dengan prinsip ekonomi yang berbunyi "modal sekecil-kecilnya untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya". Kemudian semua substansi pelajaran ekonominya adalah bagaimana membuat produk baik yang dapat dijual untuk mencari keuntungan, bagaimana menciptakan pasar, hingga bagaimana agar orang hanya bisa beli. Bukankah ajaran ini akan merusak substansi pendidikan sebagai upaya mewujudkan kemanusiaan universal?
Ini berbeda dengan Islam. Sebagai suatu agama, Islam mengajarkan tentang pola belajar yang memang seharusnya diusahakan oleh manusia dalam sepanjang hayatnya (long life education). Islam tidak hanya mengatur cara mendapatkan kebahagiaan hidup di akhirat, ibadah dan penyerahan diri kepada Allah saja, melainkan juga mengatur cara mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia termasuk di dalamnya mengatur masalah pendidikan. Sumber untuk mengatur kehidupan dunia dan akhirat tersebut adalah Al Qur’an dan Al Hadist.
Dalam pendangan Islam, pendidikan merupakan salah satu perhatian sentral masyarakat Islam baik dalam negara maupun minoritas. Dalam ajaran agama Islam, pendidikan mendapat posisi yang sangat penting dan tinggi. Karenanya, umat Islam mempunyai perhatian yang tinggi terhadap pelaksanaan pendidikan untuk kepentingan masa depan umat Islam.
Sebagai sumber ajaran, Al Qur’an sebagaimana telah dibuktikan oleh para peneliti, ternyata menaruh perhatian yang besar terhadap masalah pendidikan dan pengajaran. Demikian pula dengan Al Hadist, sebagai sumber ajaran Islam, di akui memberikan perhatian yang amat besar terhadap masalah pendidikan. Nabi Muhammad SAW, telah mencanangkan program pendidikan seumur hidup (long life education ).
Dari uraian diatas, terlihat bahwa Islam sebagai agama yang ajaran-ajarannya bersumber dari Al Qur’an dan Al Hadist, sejak awal telah menancapkan revolusi di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan. Langkah yang ditempuh Al Qur’an ini ternyata amat strategis dalam upaya mengangkat martabat kehidupan makhluk hidup. Kini di akui dengan jelas bahwa pendidikan merupakan jembatan yang menyeberangkan orang dari keterbelakangan menuju kemajuan, dan dari kehinaan menuju kemuliaan, serta dari ketertindasan menjadi merdeka, dan seterusnya.



PEMBAHASAN


1. Pendidikan
Masyarakat pada umumnya mengidentikkan pendidikan dengan suatu lembaga pendidikan formal (TK, SD, SMP, SMU, Perguruan Tinggi) dan lembaga pendidikan non formal (PAUD, Paket A-C, lembaga-lembaga kursus). Namun sesungguhnya, pendidikan itu tidak hanya didapat dari sebuah lembaga pendidikan yang sudah disebutkan di atas. Lebih luas lagi, seluruh fase kehidupan di dunia ini adalah proses pendidikan bagi manusia yang mau berfikir.
Sejak dalam rahim, seorang bayi telah belajar banyak hal. Salah satunya seperti merasakan, bergerak, melihat juga mendengar. Begitu pula ketika lahir ke dunia. Secara refleks bayi tersebut belajar bernafas, menangis, menyusu. Lalu seiring perkembangannya, bayi tersebut belajar berjalan, melompat, berbicara, dan sebagainya hingga menjadi manusia yang dewasa.
Berikut ini adalah beberapa definisi pendidikan menurut beberapa pihak:
- Menurut Ki Hajar Dewantara
Pendidikan yaitu daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak agar dapat memajukan kesempurnaan hidup.
- Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik.
- Menurut UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Dari penjabaran di atas, dapat di simpulkan bahwa kegiatan mendidik dilakukan oleh satu pihak sebagai pendidik kepada pihak lain sebagai peserta didik. Tidak ada yang mencakup pendidikan dari satu orang kepada dirinya sendiri. Lalu mengapa pendidikan yang digembor-gemborkan di Indonesia hanya ditujukan ada pendidikan dalam lingkup yang sempit. Padahal seperti yang sudah saya jabarkan di atas, pendidikan itu begitu luas.
2. Long Life Education

Long life education atau pendidikan sepanjang hayat biasa diasumsikan sebagai pendidikan yang terus menerus hingga seseorang mendapatkan gelar yang banyak di belakang namanya. Namun dalam pengertian lebih luas lagi, long life education tidak menuntut adanya lembaga pendidikan. Sehingga mencari ilmu tidaklah harus dari suatu lembaga pendidikan saja. Keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar adalah sarana pendidikan yang paling mendasar bagi kehidupan kita. Salah satu contohnya di dalam keluarga, para orang tua secara perlahan menanamkan dasar-dasar kepribadian kepada anaknya. Semua pengalaman interaksi anak dengan orang tuanya direkam secara langsung maupun tidak langsung dalam otak kecil anak tersebut yang kemudian akan membentuk kepribadian anak hingga dewasa kelak. Bila orang tua mengajarkan hal-hal yang positif kepada anaknya, maka anak tersebut akan memiliki kepribadian yang positif juga. Begitu juga sebaliknya, bila ajaran orang tua cenderung ke arah hal yang negatif, maka anak tersebut akan sulit menemukan jati dirinya dan memiliki citra diri yang negatif pula.
Lalu bagaimana dengan pandangan Islam mengenai long life education? Islam mewajibkan kita menuntut ilmu-ilmu dunia yang bermanfaat untuk menuntun kita dalam hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan kita di dunia, agar tiap-tiap muslim menjadi manusia yang berakhlak dan berakal serta tidak menjadi manusia yang picik, sehingga setiap muslim dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan dapat membawa kemajuan bagi kita semua dalam batas-batas yang diridhai Allah SWT. Rasulullah pun memerintahkan umatnya untuk menimba ilmu sampai akhir hayat. Demikian pula Islam mewajibkan kita menuntut ilmu akhirat yang menghasilkan natijah, yakni ilmu yang diamalkan sesuai dengan perintah-perintah syara’.
Sejarah pendidikan Islam pada hakikatnya tak lepas dari sejarah Islam itu sendiri. Sehingga, periode-periode pendidikan islam berada dalam periode-periode sejarah islam itu sendiri. Prof. Dr. Harun Nasution, secara garis membagi sejarah islam kedalam tiga periode yaitu :
1. Periode klasik.
2. Pertengahan.
3. Modern.
Kemudian Dra. Zuhairini dalam buku menjelaskan bahwa periode-periode tersebut di bagi menjadi lima masa, yaitu:
1. Masa hidupnya Nabi Muhammad SAW (571-632 M).
2. Masa Khalifaur Rasyidin di Madinah ( 632-661 M).
3. Masa kekuasaan Umawiyah di Damsyik (661-750 M).
4. Masa kekuasaan Abbasiyah di Baghdad ( 750-1250).
5. Masa dari jatuhnya kekuasaan Khalifah di Bagdad tahun 1250 M s/d sekarang.
Menurut Al-Qur’an, semua pengetahuan datangnya hanya dari Allah SWT. Konferensi Internasional tentang Pendidikan Islam yang diadakan di Universitas King Abdul Aziz tahun 1980 membuat rekomendasi sebagai berikut: “Semua pengetahuan datang dari Allah. Sebagian diwahyukan kepada orang yang dipilihnya, sebagian lain deperoleh manusia dengan menggunakan indera, akal, dan hatinya. Pengetahuan diwahyukan mempunyai kebenaran absolute sedangkan pengetahuan yang diperoleh, kebenarannya tidak mutlak.”
Dalam kenyataan sejarah, kedua macam pengetahuan yang di sebutkan Ibn Khaldun dengan istilah pengetahuan naqliyah (diwahyukan) dan pengetahuan aqliyah (dipikirkan) ini selalu dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan islam.
Menuntut ilmu diilihat dari segi ibadah, sangatlah tinggi nilai dan pahalanya, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: “Sungguh sekiranya engkau melangkahkan kakinya di waktu pagi (maupun petang), kemudian mempelajari satu ayat dari Kitab Allah (Al-Quran), maka pahalanya lebih baik daripada ibadah satu tahun”. Dan apabila kita melaksanakan amal ibadah tak dilandasi oleh ilmu, maka akan sia-sialah amalnya. Menurut Syaikh Ibnu Ruslan : “Siapa saja yang beramal (melaksanakan amal ibadah) tanpa ilmu, maka segala amalnya akan ditolak, yakni tidak diterima”.
Nabi Muhammad SAW diutus ke dunia ini pun dengan sebuah tugas yaitu tugas mengajar, sebagaimana sabdanya: “Aku diutus ini, untuk menjadi pengajar”.(HR. Baihaqi). Mengingat pentingnya penyebaran ilmu pengetahuan kepada manusia / masyarakat agar mereka tidak terjebak dalam kebodohan dan kegelapan, maka diperlukan kesadaran bagi para muslim, guru dan ulama, untuk beringan tangan menuntun mereka menuju kebahagian dunia dan akhirat. Bagi mereka yang suka menyembunyikan ilmunya, mendapat ancaman, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: ”Barang siapa ditanya tentang sesuatu ilmu, kemudian menyembunyikan (tidak mau memberikan jawabannya), maka Allah akan mengekangkan (mulutnya), kelak dihari kiamat dengan kekangan (kendali) dari api neraka” (HR Ahmad).
Sistem pendidikan Islam yang pernah di terapkan Nabi Muhammad SAW dalam mengemban misi kerasulannya di muka bumi ini dapat dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 151 yang artinya : Sebagaimana (Kami Telah menyempurnakan nikmat kami kepadamu) kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui. Berdasarkan ayat di atas, ada empat pendekatan yang digunakan Nabi Muhammad SAW dalam rangka mengembangkan dan menyiarkan Islam, yaitu :
1. Pendekatan tilawah
2. Takziyah
3. Ta’lim
4. Al-kitab
5. Ta’lim al hikmah
Di dalam Al-Quran dan Al-Hadist terdapat beberapa perintah yang mewajibkan bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan untuk menuntut ilmu agar mereka menjadi umat yang cerdas, jauh dari kabut kebodohan. Perintah menuntut ilmu terdapat dalam hadist Nabi Muhammad SAW: “Menuntut ilmu adalah fardhu bagi tiap-tiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan” (HR. Ibn Abdulbari). Kemudian Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) diakhirat wajiblah ia mengetahui ilmunya pula dan barang siapa yang meginginkan kedua-duanya wajiblah ia memiliki ilmu kedua duanya pula” (HR. Bukhari dan Muslim).
Sehingga dapat di simpulkan bahwa Islam mewajibkan para pemeluknya agar menjadi orang yang berilmu, berpengetahuan, dan berwawasan luas agar dapat meningkatkan kualitas kehidupannya ke arah yang lebih baik.



PENUTUP


1. Kesimpulan
Sebagai seorang muslim, Islam sudah mewajibkan kita semua untuk memperdalam ilmu untuk masa depan kita sendiri. Masa depan yang cerah sudah menunggu kita apabila kita serius dalam menuntut ilmu (Insya Allah). Atau masa depan yang suram apabila kita bermalas-malasan dalam menuntut ilmu pengetahuan (Wallahu A’lam). Pilihan itu berada di tangan kita sendiri. Apakah kita ingin memperoleh masa depan yang cerah atau kah kita ingin terjerumus kedalam masa depan yang suram. Semua tergantung pada kita sendiri, kita yang menjadi nahkoda dalam mengarungi lautan yang penuh dengan badai menuju sebuah pulau bernama masa depan yang cerah.
Amin...



Daftar Pustaka:

- Tafsir, Ahmad. 2008. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
- Zuhairini, dkk. 1997. Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara: Jakarta.
- Salim Bahreisy, H. 1980. Sejarah Hidup Nabi-Nabi. Bina Ilmu: Surabaya.
- http://afika.blog.fisip.uns.ac.id/2010/12/17/long-live-education-in-islam/
- http://3gplus.wordpress.com/2008/04/21/sejarah-perkembangan-islam-di-dunia/
- http://www.warnadunia.com/
- http://zeffa09.blogspot.com/2010/06/pendidikan-sepanjang-hayat.html#more


Read More..

time is...

contact me on...

about me...

My photo
Cilacap - Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Hobinya sih motret, tapi bukan fotografer, cuma tukang foto biasa. Hasil foto dari segala jenis kamera. Sekadar share tentang dunia fotografi, jurnalistik, tugas kuliah, dan cerita-cerita lainnya. Happy Blogging...