Keraguan...

1 + 1 = ...
kamu pasti tahu jawabannya.

Tapi kamu tahu gak apa jawaban soal berikut ??

"APAKAH SAYA BISA LULUS?"
"APAKAH JALAN SAYA INI BENAR?"
"BAGAIMANA JIKA SAYA TIDAK LULUS?"

Kalau saya disodorkan pertanyaan seperti itu, saya hanya bisa diam termenung seperti orang bodoh dan serasa ditertawakan oleh banyak orang "Masa jawab pertanyaan segitu aja gak bisa?"

Satu hal yang bisa kita ambil dari 3 pertanyaan tadi adalah KERAGUAN..
DAN HANYA 1 HAL TERSEBUT YANG HARUS KITA HINDARI DALAM PERANG SESUNGGUHNYA.

Dari sekarang, yakinkanlah dirimu!!

Usaha dan kerja keras kita selama ini tidak akan sia-sia.
Untuk apa kita 12 Tahun lebih dari jenjang TK hingga SMA kita bangun pagi, lalu berangkat sekolah,belajar,pulang sekolah dan seterusnya seperti itu setiap hari!

Yakin!
Walaupun nanti banyak yang akan berguguran, yakinkanlah bahwa kita bukan salah satunya.
Karena kita harus yakin,kita ini bisa!

Optimis itu boleh,tapi ingat jangan terlalu merasa optimis dan terlalu yakin.
Karena rasa optimis itu bisa membawa luka dari lubuk hati yang paling dalam jika dalam kenyataannya kamu jatuh.
Aturlah rasa optimismu dalam batas yang wajar.

Jangan lupa pada saat sebelum kalian berangkat ke lokasi ujian, berdoalah,
minta restu dari orang tuamu bahwa kamu akan menuju medan perang yang sesungguhnya.

Jangan lupa, jika kamu pernah berbuat salah, baik disengaja atau tidak disengaja,
minta maaflah kepada orang-orang terdekatmu,agar tidak ada dendam yang dapat menghalangi kita menuju pintu kesuksesan.

Ibaratnya sendok tidak lengkap tanpa garpunya atau makanan tidak lengkap tanpa minuman,
jagalah kesehatan kamu! Seyogyanya mintalah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar kamu diberi kekuatan untuk berjuang dan berperang menaklukan musuh terbesarmu!! Yaitu "rasa takutmu akan tidak lulus ujian"!

Yakinkan kepada Tuhan bahwa jalan yang kamu tempuh ini BENAR dan kamu melaksanakannya dengan tulus hati dan penuh semangat!

Terakhir, mari kita camkan rumus matematika sederhana berikut ini :
USAHA + DOA = KEBERHASILAN.

Selamat berjuang kawan! Mari kita menuju ke medan perang yang sesungguhnya!
The battle has begun!!

[Do'a sebelum Ujian]<-- biasa selalu saya baca dalam hati diiringi Al-Fatihah dan Do'a sebelum belajar.

Ya Tuhan, izinkanlah hambaMU ini melaksanakan Ujian-Mu..
Berilah saya kekuatan dalam melaksanakan segala rintangan yang ada dalam Ujian-Mu ini..
Berilah saya petunjuk-Mu, kemudahan-Mu, dan segala mukzizat yang sangat saya nantikan
kehadirannya dalam Ujian ini..

Berkahilah lembar jawaban ini, soal-soal ini, alat-alat tulis ini agar mereka bekerja
seperti yang saya harapkan..
Singkirkanlah setan-setan yang mengganggu konsentrasi saya dalam pelaksanaan ujian ini..
Dan, saya mohon agar harapan saya untuk lulus dikabulkan oleh-Mu..
Karena hanya kepadaMu lah saya meminta, dan hanya Engkaulah yang dapat memberi..

Selebihnya saya hanya dapat berusaha layaknya seorang manusia biasa..
Terima kasih Tuhan karena Engkau mendengarkan pintaku ini..

Amin..

7 comments:

Anonymous Sunday, December 20, 2009 9:00:00 PM  

Amin.......

ajenk Sunday, December 20, 2009 11:15:00 PM  

yang jelas jangan kebanyakan ragu2....mantapkan hati....

semangat....dunk...! ^^

dv Monday, December 21, 2009 10:26:00 AM  

semangad bro..gud lak bwt ujiannya :)

nuansa pena Monday, December 21, 2009 10:33:00 AM  

Amin! motivasi dan doa yang bagus!

Dhany Oktriyanto Monday, December 21, 2009 8:00:00 PM  

@ajeng: siip..makasih yaa.
@dv: ok,thx yaa..
@pena: yupz..

Handrie Friday, January 15, 2010 10:56:00 PM  

Yakin aja..
Jangan terlalu gugup Oke!

Dhany Oktriyanto Monday, January 24, 2011 10:59:00 PM  

ok..makasihh.. :D

Post a Comment

Silahkan Komentar tapi yang sopan ya :))

time is...

contact me on...

about me...

My photo
Cilacap - Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Hobinya sih motret, tapi bukan fotografer, cuma tukang foto biasa. Hasil foto dari segala jenis kamera. Sekadar share tentang dunia fotografi, jurnalistik, tugas kuliah, dan cerita-cerita lainnya. Happy Blogging...